Tenyata Ini Lho Yang Membuat Harga Apartemen Selalu Meroket Di Setiap Waktunya

Beberapa waktu belakangan ini, apartemen menjadi hunian yang sangat diidamkan bagi sebagian orang terutama para kaum millenial. Selain harga tanah di perkotaan sudah semakin tinggi, berbagai fasilitas dan cicilan serta berbagai penawaran lain membuat apartemen menjadi idaman bagi banyak orang.

Aksesnya yang lebih gampang karena berada di perkotaan juga membuatnya banyak diminati. Mungkin ini menjadi salah satu faktor harga apartemen naik atau semakin naik dan meroket. Beberapa faktor yang membuat harga apartemen naik bahkan bisa lebih mahal dan cepat dari rumah konvensional, apa saja faktor tersebut? Ini dia ulasan selengkapnya :

  • Harga bahan bangunan yang sering mengalami kenaikan

Meningkatnya harga apartemen juga dikaitkan oleh semakin tingginya harga bahan baku bangunan. Tentunya setiap developer atau pengembang satuan rumah susun menginginkan keuntungan yang jauh lebih banyak  dibandingkan modal yang sudah dikeluarkan. Ini sudah menjadi hukum ekonomi. Semakin tinggi dan meroketnya harga bahan baku bangunan untuk apartemen sekaligus properti meningkatkan harga jual apartemen itu. Jenis bahan baku bangunan tentu sangat berhubungan erat dengan harga jual satuan unit apartemen.

Selain harga jual, harga bahan dasar bangunan juga berpengaruh pada biaya perawatannya. Harga apartemen tidak hanya harga jualnya saja tetapi juga harga perawatannya pada periode atau waktu tertentu misalnya setiap bulan atau seitap tahun.

  • Wilayah atau daerah yang sudah makin strategis

Pembangunan sudah semakin mengalami peningkatan. Orang-orang semakin bersaing membangun fasilitas umum. Otomatis, perusahaan dan gedung-gedung tinggi satu per satu mulai menghingapi kota-kota besar. Akibatnya wilayah pun semakin strategis hingga kemudian semakin banyak kalangan masyarakat yang ingin datang dan mencari tempat tinggal.

  • Semakin berkurangnya ketersediaan tanah atau lahan

Perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk mencari pekerjaan dan akses serta koneksi yang lebih luas menyebabkan meledaknya populasi sebuah kota. Diantara mereka yang berpindah persentase yang tinggal lebih dari 5 tahun sangat besar sekali. Sementara itu, ketersediaan tanah dan lahan untuk hunian juga semakin berkurang. Selain sudah penuh dengan penduduk asli, juga penuh dengan pendatang. Maka dari itu permintaan terhadap hunian rumah susun pun kian meroket.

  • Ekonomi masyarakat kelas menengah kian stabil

Perkembangan ekonomi bagi mereka yang tergolong kelas menengah apalagi sudah berkeluarga secara otomatis membuat seseorang untuk memiliki properti atau aset. Kestabilan pendapatan dan tunjangan membuat mereka dapat menyisihkan tabungan untuk membeli sebuah unit properti. Aset atau properti seperti apartemen terlebih di tempat yang strategis cukup menggiurkan dimasa depan. Bagi mereka yang memilikinya bisa menyewakannya kepada orang lain baik untuk home stay dalam waktu singkat hinga per bulan. Pendapatan yang mereka dapatkan bisa membalikkan modal jika tempat yang mereka pilih dan bisnis ini berjalan dengan lancar.

Semakin banyaknya yang punya pemikiran seperti ini, semakin tinggi pula permintaan terhadap apartemen. Selain itu, bagi mereka yang telah punya dan menyewakan tentu harga sewanya setelah dijumlahkan  akan lebih besar dari harga belinya itu sendiri.

  • Banyaknya fitur dan fasilitas yang diberikan

Ketersediaan fasilitas setiap apartemen tentu berbeda. Namun semakin baru, fasilitas suatu apartemen semakin baik. Ketersediaan berbagai fasilitas inilah yang juga mempengaruhi harga jual atau sewa apartemen. Selain biaya perawatan, tentunya kemudahan akan memberikan feedback kepada harga jual apartemen. Keberadaan apartemen dengan fasilitas misalnya saja kolam renang, ruang ASI, lift pribadi, pusat kebugaran, dan berbagai fasilitas publik lainnya yang terus berkembang seiring berjalannya waktu juga dapat membuat kenaikan harga jual atau sewa sebuah apartemen dengan sangat cepat.

jual apartemen jakarta selatan